Selasa, 11 Juni 2013

ANALISA MASALAH KESEHATAN DAN PRILAKU MANUSIA

ANALISA MASALAH KESEHATAN DAN PRILAKU MANUSIA
A.    Analisis faktor Predisposisi
a.       Data Klien
Ibu kyunie umur 25 tahun, pekerjaan IRT, penghasilan tidak ada, pendidikan SMP, agama islam. Saat ini sedang mengalami kehamilan trisemester I. Ibu kainie datang kerumah bidan ingin memeriksakan kondisinya, dimana ibu kainie mengeluh bahwa setiap hari ia mengalami lemah, letih, lesu, lelah,lunglai dan muka dan mata puct, kurng bergairah,  pusing, dan pandangan berkunang-kunang. Ibu kainie belum melakukan apa-apa untuk mengatasi masalah yang dihadapinya, akhirnya atas saran keluarga ibu kainie pergi kerumah bidan.
b.      Pengetahuan dan persepsi klien tentag penyakitnya.
v  Ibu kainie mengatakan belum pernah mendapatkan informasi tentang anemia pada ibu hamil dan tanda-tandanya
v  Ibu kainie mengatakan tidk banyak tahu tentang anemia pada masa kehamilan
v  Ibu kainie mempunyai keluhan bahwa setiap hari dia mengalami lemah,letih,lesu, lelah,lunglai dan muka dan mata pucat,kurang bergairah,pusing,dan pandangan berkunang-kunang.
v   
c.       Kepercayaan klien tentang kesehatan yang berhubungan dengan agama.
Ibu kainie tinggal didesa, dan didesa tersebut banyak menganut kepercayaan bahwa ibu hamil muda banyak di ikuti oleh setan/mahkluk halus oleh sebab itu banyak yang berkata bahwa ibu kainie telah banyak diikuti oleh makhluk halus oleh sebab itu ia sering pusing dan kelelahan.
d.      Kepercayaan klien tentang kesehatan yang berhubungn dengan budaya..
Ibu kainie tinggal di suatu wilayah yang berhubungan dengan budaya dan diwilayh tersebut banyak yang percaya bahwa seorang ibu hamil jika makan ikan anaknya akan berbau amis, dan masih banyak lagi, karena ibu kainie tinggal didaerah yang mempunyai kepercayan tersebut maka dia juga mengikutinya. Padahal seorang ibu hamil harus banyak makan makanan yang bergizi dan berprotein tiggih agar sang baby bisa tumbuh dengan baik didalam rahim ibu.
e.       Keadaan fisik
BB Ibu kainie 50Kg dan dia mengatakan sebelumnya 54 Kg. TB 160 Cm. LILA 31,5 cm, TTV 90/70 mmHg. Nadi 75x / menit. ST 37,8°c. Mukosa mulut lembab warna pink pucat, konjungtiva anemis, pengelihatan berkunan-kunang, sering pusing, s pendengaran baik, payudra simetris, ASI belum ada.
f.       Kesiapan belajar.
Ibu kainie mengatakan bahwa ia tertarik untuk mempelajri mengapa ia sering merasa mengalami lemah, letih, lesu, lelah,lunglai dan muka dan mata puct, kurng bergairah,  pusing, dan pandangan berkunang-kunang. Ia mengatakan hari ini sudah siap untuk diberi penyuluhan oleh bidan.
g.      Motivasi belajar.
Motivasi ibu kainie untuk mempelajari kondisinya cukup kuat. Ia mengatakan bahwa apapun yang haus dilakukan akan ia laksanakan asalkan ia tidak merasa lemah, letih, lesu, lelah,lunglai dan muka dan mata puct, kurng bergairah,  pusing, dan pandangan berkunang-kunang lagi.
h.      Kemampuan membaca.
Ibu kainie mempunyai kemampuan membaca dan menulis dengan baik. Ketika diberi sebuah bacaan berupa lembar balik tentang anemia dan diminta untuk membacanya, ibu kainie dapat menjelaskan kembali lembar balik tersebut. Ia mengatakan lebih menyukai bahan bacaan yang bergambar dan tanya jawab karena mudah diingat.
B.     factor pemungkin.
Di puskesmas khususnya klinik yankes ibu dan anak, bidan telah memuliki keterampilan memberikan penyuluhan kesehatn dengan baik karena sudah sering mengikuti pelatihan untuk hal tersebut dan sudah bekerja selama 7 tahun. Lat bantu yang digunakan berupa lembar bolak balik. Rumah ibu kainie cukup jauh dengan puskesmas tapi masih dapat ditempuh menggunakan sepeda motor.
C.     pengkajian factor penguat/ pendorong
ibu kainie tinggal bersama suaminya. Pak kyuhyun memberikan dukungan yang positif terhadap gejala anemia yang dialami oleh istrinya, tuan kyuhyun memberikan dukungan moril dan materi untuk ibu kainie dan tuan kyunhyun juga menemani ibu kainie untuk pergi memeriksakan diri kerumah bidan.
A.    DIAGNOSA PROMOSI KESHATAN INDIVIDU

Ind/kel
Problem
etiologi
symtom
Kurang Pengetahuan sebagai problem(p)/ masalah

Individu
Ibu kainie
Kurangnya Pengetahuan tentang anemia dan gizi yang diperlukan oleh ibu hamil
Kurangnya keterpaparan informasi tentang anemia dan  penyempurnaan gizi pada ibu hamil
v  Ibu kainie mengatakan tidak banyak tahu tentang anemia.
v  Ibu kainie belum pernah mendapatkan informasi tentang anemia dan gejalanya
v  Ibu kainie mempunyai keluhannya yaitu mengalami lemah,letih,lesu, lelah,lunglai dan muka dan mata pucat,kurang bergairah,pusing,dan pandangan berkunang-kunang.
Kurang Pengetahuan sebagai problem (p) /masalah
keluarga
Kurangnya Pengetahuan keluarga dan ibu kainie dan tuan kyuhyun  tentang anemia dan keperuan gizi
Kurangnya keterpaparan informasi tentang anemia dan kebutuhn gizi ibu hamil
v  Ibu kainie mengatakan tidak banyak tahu tentang anemia
v  Ibu kainie belum pernah mendapatkan informasi tentang anemia dan gejalanya
v  Ibu kainie mempunyai keluhannya yaitu mengalami lemah,letih,lesu, lelah,lunglai dan muka dan mata pucat,kurang bergairah,pusing,dan pandangan berkunang-kunang.
Kurangnya Pengetahuan sebagai etiologi (E)/ penyebab
individu
Adanya hambatan dalam proses mengatasi anemia
Kurangnya Pengetahuan ibu kainie tentang anemia dan tanda-tanda anemia
v  Ibu kainie mengatakan tidak banyak tahu tentang anemia
v  Ibu kainie belum pernah mendapatkan informasi tentang anemia dan gejalanya
v  Ibu kainie mempunyai keluhannya yaitu mengalami lemah,letih,lesu, lelah,lunglai dan muka dan mata pucat,kurang bergairah,pusing,dan pandangan berkunang-kunang.
Kurangnya Pengetahuan sebagai etiologi (E)/ penyebab
keluarga
Adanya hambatan dalam proses penyembuhan anemia dan penyempurnaan gizi
Kurangnya Pengetahuan keluarga ibu kainie dan keluarga tuan kyuhyun  tentang anemia dan tanda-tanda anemia dan penyempurnaan gizi pad ibu hamil
v  Keluarga ibu kainie mengatakan tidak banyak tahu tentang anemia
v  Keluarga ibi kainie belum pernah mendapatkan informasi tentang anemia dan gejalanya
v  Keluarga ibu kainie mempunyai keluhannya yaitu mengalami lemah,letih,lesu, lelah,lunglai dan muka dan mata pucat,kurang bergairah,pusing,dan pandangan berkunang-kunang.





Satuan pembelajaran (SATPEL)
Diagnosa Promkes       : adanya resiko tinggi untuk terjadinya Anemia selama masa kehamilan karena kurangnya pegetahuan ibu ariend tentang gizi dan menjaga kesehatan pada ibu hamil.
Topik Promkes            : Gizi pada ibu hamil muda
Sasaran                        : ibu Kainie/ Kelurga Cho Kyuhyun(klg)
Hari/Tgl                       : Jum’at 18 mei 2013
Waktu                                     : 09.00-09.40 WIB (40 Menit)




















A.    Tujuan
1.      Tujuan Pembelajaran Umum
Setelah mendapatkan Prmkes ibu kainie keluarga bapak kyuhyun akan dapat mengerti tentang masalah yang trjadi tentang gizi pada ibu hamil
2.      Tujuan Pembelajan Khusus
Setelah mendapat Pomkes selama 0 menit ibu kainie keluarga bapak kyuhyun akan dapat :
a.       Menjelaskan penanganan anemia dan gizi yang baik pada ibu hamil dengan bahasanya sendiri.
b.      Menguraikan 4-5 masalh yang terjadi selama masa kehamilan akibat anemia dan kekurangan gizi.
c.       Meyakinisedikit bahwa masalah yang terjadi selama kehamilan adalah hal yang perlu ditangani.
d.      Menjelaskan menu-menu yang baik pda ibu hamil paling sedikit 60% benar.
e.       Menjelskan pemenuhan gizi untuk mengatasi anemia dan gizi buruk pada ibu hamil minimal 70%.

B.     Metode
1.      Ceramah
2.      Demonstrasi















Tahap
Kegiatan pemberian materi
Kegiatan sasaran
Media dan alat pengajar
PENDAHULUAN 5 MENIT










































P
E
N
U
T
U
P

10

M
E
N
I
TSS
1.    Salam
2.    Mempekenalkan diri
3.    Kontrak waktu




4.    Menjelaskan cakupan materi yang akan disampaikan
5.    Menjelaskan TIU individu, dan keluarga
6.    Memberikan materi penkes dari awal sampai akhir, yaitu:
a.       Menjelskan mtei penkes tentang anemia dan gizi yang baik pada ibu hamil
b.      Menjelaskan masalah pada kehamilan akibat anemia dan kurang gizi
c.       Menjelaskan bahwa masalah kesehatan yang dialami ibu kainie akibat kekurangan pemenuhan nutrisi dan istirahat selama hamil dan perlu ditangani
d.      Menjelaskan materi penkes tentang bagaimana menghindari anemia selama kehamilan
e.       Menjelaskan pemenuhan nutrisi selama hamil untuk menghindari anemia
f.       Menjelaskan bahwa harus ada perubahan pola prilaku dalam keluarga pak kyuhyun tekait masalah ibu kainie.
7.      a. Memberi kesempatan kepada sasaran untuk bertanya.
b. memberikan reinforcement positif atas pertanyaan sasaran
c. menjawab pertanyaan dari sasaran.
8. melakukan evaluasi
a. menanyakan tentang
·      pengertian anemia pada ibu hamil
·      pentingnya pemenuhan gizi dan nutrisi selama kehamilan
·      penyebab terjadi anemia pada ibu kainie
·      segaa sesuatu hal yang dapat menghindarkan ibu dari anemia
·      meminta ibu kainie/anggota keluarga pak kyuhyun untuk lebih

b.      memperhatikan menu seimbang untuk ibu hamil.
c.       Meminta keluarga kyuhyun mengulangi apa yang dia simpulkan tentangg budaya yang bertentangn dngan kesehatan yang dialami istri dan calon bayinya
d.      Mengingat jawaban dn peragaan dari sasaran didokumentasikan pada format evaluasi.
e.       Memberikn reinforcement positif atas jawaban atau peragaan sasaran.
9.menyimpulkan penkes yang telah dilakukan secara ringkas
10. kontrak waktu berikutnya klau ada
11. salam
Menjawab salam
Memperhatikan
Memberikan pendapat



Memperhatikan


Memperhatikan

Memperhatikan


















Memperhatikan












Bertanya tentang seputar anemia dan masalah pada ibu hamil






Memperhatikan,menjawab dengan keampuan dan bahasa sendiri





























Memperhatikan


Menjawab salam

Lembar bolak balik/ benda nyata/leaflet





Audio
Visual



Lembar bolak balik/benda nyata yang dipergakan

D.    EVALUASI BELAJAR
Evaluasi belajar dilakukan selama proses belajar dan pada akhir dari proses promkes.
1). Petanyaan lisan pada evaluasi (poin 8 penutup satpel) adalah :
a). Jelaskan pengertian anemia pada ibu hamil !
b). Apa saja hal-hal yang bia menghindarkan ibu hamil dari anemia.
c). Bagaimana agar ibu kainie trhindar dari anemia dan memenuhi gizinya.
e). Bagaimana cara menangani masalah kesehatan yang dialami oleh ibu kainie?
f). Bagaimana pendapt ibu kainie dan kelurg pak kyuhyun terkait kehamilan yang ibu kainie alami?
g). Jelaskan pengaruh budaya dan kebiasaan yang harus ditinggalkan untuk kesehatan ibu hamil dan baby nya.
h). Bagaimana cara adaptasi atau memuli proses meninggalkan budaya, kebiasaan atau tradisi yang dialami oleh keluara ibu kainie dan pak kyuhyun.


2). Peragakan Tindakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar