ANALISA
MASALAH KESEHATAN DAN PRILAKU MANUSIA
a. Data
Klien
Ibu
kyunie umur 25 tahun, pekerjaan IRT, penghasilan tidak ada, pendidikan SMP,
agama islam. Saat ini sedang mengalami kehamilan trisemester I. Ibu kainie
datang kerumah bidan ingin memeriksakan kondisinya, dimana ibu kainie mengeluh
bahwa setiap hari ia mengalami lemah, letih, lesu, lelah,lunglai dan muka dan
mata puct, kurng bergairah, pusing, dan
pandangan berkunang-kunang. Ibu kainie belum melakukan apa-apa untuk mengatasi
masalah yang dihadapinya, akhirnya atas saran keluarga ibu kainie pergi kerumah
bidan.
b. Pengetahuan
dan persepsi klien tentag penyakitnya.
v Ibu
kainie mengatakan belum pernah mendapatkan informasi tentang anemia pada ibu
hamil dan tanda-tandanya
v Ibu
kainie mengatakan tidk banyak tahu tentang anemia pada masa kehamilan
v Ibu
kainie mempunyai keluhan bahwa setiap hari dia mengalami lemah,letih,lesu,
lelah,lunglai dan muka dan mata pucat,kurang bergairah,pusing,dan pandangan
berkunang-kunang.
v
c. Kepercayaan
klien tentang kesehatan yang berhubungan dengan agama.
Ibu
kainie tinggal didesa, dan didesa tersebut banyak menganut kepercayaan bahwa
ibu hamil muda banyak di ikuti oleh setan/mahkluk halus oleh sebab itu banyak
yang berkata bahwa ibu kainie telah banyak diikuti oleh makhluk halus oleh
sebab itu ia sering pusing dan kelelahan.
d. Kepercayaan
klien tentang kesehatan yang berhubungn dengan budaya..
Ibu
kainie tinggal di suatu wilayah yang berhubungan dengan budaya dan diwilayh
tersebut banyak yang percaya bahwa seorang ibu hamil jika makan ikan anaknya
akan berbau amis, dan masih banyak lagi, karena ibu kainie tinggal didaerah
yang mempunyai kepercayan tersebut maka dia juga mengikutinya. Padahal seorang
ibu hamil harus banyak makan makanan yang bergizi dan berprotein tiggih agar
sang baby bisa tumbuh dengan baik didalam rahim ibu.
e. Keadaan
fisik
BB
Ibu kainie 50Kg dan dia mengatakan sebelumnya 54 Kg. TB 160 Cm. LILA 31,5 cm,
TTV 90/70 mmHg. Nadi 75x / menit. ST 37,8°c. Mukosa mulut lembab warna pink
pucat, konjungtiva anemis, pengelihatan berkunan-kunang, sering pusing, s
pendengaran baik, payudra simetris, ASI belum ada.
f. Kesiapan
belajar.
Ibu
kainie mengatakan bahwa ia tertarik untuk mempelajri mengapa ia sering merasa
mengalami lemah, letih, lesu, lelah,lunglai dan muka dan mata puct, kurng
bergairah, pusing, dan pandangan
berkunang-kunang. Ia mengatakan hari ini sudah siap untuk diberi penyuluhan
oleh bidan.
g. Motivasi
belajar.
Motivasi
ibu kainie untuk mempelajari kondisinya cukup kuat. Ia mengatakan bahwa apapun
yang haus dilakukan akan ia laksanakan asalkan ia tidak merasa lemah, letih,
lesu, lelah,lunglai dan muka dan mata puct, kurng bergairah, pusing, dan pandangan berkunang-kunang lagi.
h. Kemampuan
membaca.
Ibu
kainie mempunyai kemampuan membaca dan menulis dengan baik. Ketika diberi
sebuah bacaan berupa lembar balik tentang anemia dan diminta untuk membacanya,
ibu kainie dapat menjelaskan kembali lembar balik tersebut. Ia mengatakan lebih
menyukai bahan bacaan yang bergambar dan tanya jawab karena mudah diingat.
B. factor
pemungkin.
Di
puskesmas khususnya klinik yankes ibu dan anak, bidan telah memuliki
keterampilan memberikan penyuluhan kesehatn dengan baik karena sudah sering
mengikuti pelatihan untuk hal tersebut dan sudah bekerja selama 7 tahun. Lat
bantu yang digunakan berupa lembar bolak balik. Rumah ibu kainie cukup jauh
dengan puskesmas tapi masih dapat ditempuh menggunakan sepeda motor.
C. pengkajian
factor penguat/ pendorong
ibu
kainie tinggal bersama suaminya. Pak kyuhyun memberikan dukungan yang positif
terhadap gejala anemia yang dialami oleh istrinya, tuan kyuhyun memberikan
dukungan moril dan materi untuk ibu kainie dan tuan kyunhyun juga menemani ibu
kainie untuk pergi memeriksakan diri kerumah bidan.
A. DIAGNOSA
PROMOSI KESHATAN INDIVIDU
Ind/kel
|
Problem
|
etiologi
|
symtom
|
|
Kurang Pengetahuan sebagai problem(p)/ masalah
|
Individu
Ibu
kainie
|
Kurangnya Pengetahuan tentang anemia dan gizi yang
diperlukan oleh ibu hamil
|
Kurangnya keterpaparan informasi tentang anemia
dan penyempurnaan gizi pada ibu hamil
|
v Ibu kainie mengatakan tidak banyak tahu tentang anemia.
v Ibu kainie belum pernah mendapatkan informasi tentang anemia dan gejalanya
v Ibu kainie mempunyai keluhannya yaitu mengalami lemah,letih,lesu,
lelah,lunglai dan muka dan mata pucat,kurang bergairah,pusing,dan pandangan
berkunang-kunang.
|
Kurang Pengetahuan sebagai problem (p) /masalah
|
keluarga
|
Kurangnya Pengetahuan keluarga dan ibu
kainie dan tuan
kyuhyun tentang anemia
dan keperuan gizi
|
Kurangnya keterpaparan informasi tentang
anemia dan kebutuhn gizi ibu hamil
|
v Ibu kainie mengatakan tidak banyak tahu tentang anemia
v Ibu kainie belum pernah mendapatkan informasi tentang anemia
dan gejalanya
v Ibu kainie mempunyai keluhannya yaitu mengalami lemah,letih,lesu,
lelah,lunglai dan muka dan mata pucat,kurang bergairah,pusing,dan pandangan
berkunang-kunang.
|
Kurangnya Pengetahuan sebagai etiologi (E)/ penyebab
|
individu
|
Adanya hambatan dalam proses mengatasi
anemia
|
Kurangnya Pengetahuan ibu kainie tentang anemia dan tanda-tanda anemia
|
v Ibu kainie mengatakan tidak banyak tahu tentang anemia
v Ibu kainie belum pernah mendapatkan informasi tentang anemia dan gejalanya
v Ibu kainie mempunyai keluhannya yaitu mengalami lemah,letih,lesu,
lelah,lunglai dan muka dan mata pucat,kurang bergairah,pusing,dan pandangan
berkunang-kunang.
|
Kurangnya Pengetahuan sebagai etiologi (E)/ penyebab
|
keluarga
|
Adanya hambatan dalam proses penyembuhan
anemia dan penyempurnaan gizi
|
Kurangnya Pengetahuan keluarga ibu kainie dan keluarga tuan kyuhyun tentang anemia
dan tanda-tanda anemia
dan penyempurnaan gizi pad ibu hamil
|
v Keluarga
ibu kainie mengatakan tidak banyak
tahu tentang anemia
v Keluarga
ibi kainie belum pernah mendapatkan
informasi tentang anemia dan gejalanya
v Keluarga
ibu kainie mempunyai keluhannya yaitu
mengalami lemah,letih,lesu, lelah,lunglai dan muka dan mata pucat,kurang bergairah,pusing,dan
pandangan berkunang-kunang.
|
Satuan
pembelajaran (SATPEL)
Diagnosa
Promkes : adanya resiko tinggi untuk
terjadinya Anemia selama masa kehamilan karena kurangnya pegetahuan ibu ariend
tentang gizi dan menjaga kesehatan pada ibu hamil.
Topik
Promkes : Gizi pada ibu hamil
muda
Sasaran
: ibu Kainie/
Kelurga Cho Kyuhyun(klg)
Hari/Tgl
: Jum’at 18 mei 2013
Waktu
:
09.00-09.40 WIB (40 Menit)
A. Tujuan
1. Tujuan
Pembelajaran Umum
Setelah mendapatkan Prmkes ibu kainie
keluarga bapak kyuhyun akan dapat mengerti tentang masalah yang trjadi tentang
gizi pada ibu hamil
2. Tujuan
Pembelajan Khusus
Setelah mendapat Pomkes selama 0 menit
ibu kainie keluarga bapak kyuhyun akan dapat :
a. Menjelaskan
penanganan anemia dan gizi yang baik pada ibu hamil dengan bahasanya sendiri.
b. Menguraikan
4-5 masalh yang terjadi selama masa kehamilan akibat anemia dan kekurangan
gizi.
c. Meyakinisedikit
bahwa masalah yang terjadi selama kehamilan adalah hal yang perlu ditangani.
d. Menjelaskan
menu-menu yang baik pda ibu hamil paling sedikit 60% benar.
e. Menjelskan
pemenuhan gizi untuk mengatasi anemia dan gizi buruk pada ibu hamil minimal
70%.
B. Metode
1. Ceramah
2. Demonstrasi
Tahap
|
Kegiatan pemberian
materi
|
Kegiatan sasaran
|
Media dan alat
pengajar
|
PENDAHULUAN 5 MENIT
P
E
N
U
T
U
P
10
M
E
N
I
TSS
|
1. Salam
2. Mempekenalkan
diri
3. Kontrak
waktu
4. Menjelaskan
cakupan materi yang akan disampaikan
5. Menjelaskan
TIU individu, dan keluarga
6. Memberikan
materi penkes dari awal sampai akhir, yaitu:
a. Menjelskan
mtei penkes tentang anemia dan gizi yang baik pada ibu hamil
b. Menjelaskan
masalah pada kehamilan akibat anemia dan kurang gizi
c. Menjelaskan
bahwa masalah kesehatan yang dialami ibu kainie akibat kekurangan pemenuhan
nutrisi dan istirahat selama hamil dan perlu ditangani
d. Menjelaskan
materi penkes tentang bagaimana menghindari anemia selama kehamilan
e. Menjelaskan
pemenuhan nutrisi selama hamil untuk menghindari anemia
f. Menjelaskan
bahwa harus ada perubahan pola prilaku dalam keluarga pak kyuhyun tekait
masalah ibu kainie.
7. a.
Memberi kesempatan kepada sasaran untuk bertanya.
b.
memberikan reinforcement positif atas pertanyaan sasaran
c.
menjawab pertanyaan dari sasaran.
8. melakukan evaluasi
a. menanyakan tentang
· pengertian
anemia pada ibu hamil
· pentingnya
pemenuhan gizi dan nutrisi selama kehamilan
· penyebab
terjadi anemia pada ibu kainie
· segaa
sesuatu hal yang dapat menghindarkan ibu dari anemia
· meminta
ibu kainie/anggota keluarga pak kyuhyun untuk lebih
b. memperhatikan
menu seimbang untuk ibu hamil.
c. Meminta
keluarga kyuhyun mengulangi apa yang dia simpulkan tentangg budaya yang
bertentangn dngan kesehatan yang dialami istri dan calon bayinya
d. Mengingat
jawaban dn peragaan dari sasaran didokumentasikan pada format evaluasi.
e. Memberikn
reinforcement positif atas jawaban atau peragaan sasaran.
9.menyimpulkan penkes
yang telah dilakukan secara ringkas
10. kontrak waktu
berikutnya klau ada
11. salam
|
Menjawab salam
Memperhatikan
Memberikan pendapat
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
Bertanya tentang
seputar anemia dan masalah pada ibu hamil
Memperhatikan,menjawab
dengan keampuan dan bahasa sendiri
Memperhatikan
Menjawab salam
|
Lembar bolak balik/ benda
nyata/leaflet
Audio
Visual
Lembar bolak balik/benda nyata yang
dipergakan
|
D. EVALUASI
BELAJAR
Evaluasi
belajar dilakukan selama proses belajar dan pada akhir dari proses promkes.
1).
Petanyaan lisan pada evaluasi (poin 8 penutup satpel) adalah :
a).
Jelaskan pengertian anemia pada ibu hamil !
b).
Apa saja hal-hal yang bia menghindarkan ibu hamil dari anemia.
c).
Bagaimana agar ibu kainie trhindar dari anemia dan memenuhi gizinya.
e).
Bagaimana cara menangani masalah kesehatan yang dialami oleh ibu kainie?
f).
Bagaimana pendapt ibu kainie dan kelurg pak kyuhyun terkait kehamilan yang ibu
kainie alami?
g).
Jelaskan pengaruh budaya dan kebiasaan yang harus ditinggalkan untuk kesehatan
ibu hamil dan baby nya.
h).
Bagaimana cara adaptasi atau memuli proses meninggalkan budaya, kebiasaan atau
tradisi yang dialami oleh keluara ibu kainie dan pak kyuhyun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar